PT Rifan Financindo Berjangka

Bangganya Jokowi dan Menteri Rini sebab Indonesia punya bandara terapung pertama

Bandara berkonsep mengapung ini diresmikan Presiden Joko Widodo | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

 PT Rifan Financindo Berjangka

 

Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, di Semarang, Jawa Tengah, merupakan bandara terapung di atas air yang pertama di Indonesia.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengemukakan, bahwa pengembangan bandara tersebut juga termasuk dalam program Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 58 Tahun 2017.

Selain itu, dalam terminal di Bandara Ahmad Yani baru tersebut juga dilengkapi tiga unit garbarata serta 30 unit counter check-in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai.

Menteri Rini serta Presiden Joko Widodo tercengang dan bangga dengan bandara ini. Silakan klik selanjutnya.

“Selain itu, luas lahan parkir untuk kendaraan pengunjung juga bertambah luas. Yakni dari 12.000 meter persegi menjadi 43.633 meter persegi,” ungkapnya.

Sementara untuk memperlancar lalulintas pengunjung, di terminal penumpang disediakan delapan escalator, satu travelator, dan dua elevator di lahan parkir serta enam elevator di terminal. Selain itu juga ada tiga buah aviobridge. “Penambahan fasilitas ini benar-benar baru, karena di bandara lama tidak ada,” kata Dian.

Selain itu, ada juga penambahan berbagai fasilitas. Dian menyatakan, penambahan fasilitas tersebut bertujuan menunjang penerbangan dan menambah kenyamanan penumpang.

Dia mencontohkan apron di bandara lama seluas 29.032 meter persegi. Apron ini mampu menampung enam pesawat narrow body dan jenis lainnya dua buah. Namun sekarang dengan luas 72.522 meter persegi mampu menampung 12 pesawat narrow body.

Menurut GM & Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Dian PS, bandara baru ini memiliki berbagai kelebihan dibanding bandara lama. Salah satunya terminal baru lebih luas. Di mana, luas terminal bandara lama baru 6.708 meter persegi.

“Bandara baru luas terminalnya mencapai 58.652 meter persegi, sehingga bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun. Sembilan kali lipat dibanding bandara lama,” jelasnya, Kamis (7/6).

Bandara Ahmad Yani yang baru, resmi digunakan untuk penerbangan pertama kali pada Rabu (6/6). Setelah penerbangan pertama, bandara berkonsep mengapung ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (7/6).

Saat Jokowi Dibonceng Sepeda oleh “Kembarannya”… | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Iriana yang melihat tingkah suaminya itu hanya bisa tertawa. Demikian pula para menteri beserta para pejabat yang hadir. Usai puas berfoto di sana, Jokowi dan rombongan pun melanjutkan peninjauan terminal baru itu. Diketahui, peninjauan terminal baru Bandara Ahmad Yani itu merupakan kegiatan terakhir dari Presiden Jokowi selama dua hari terakhir. Usai meninjau, ia langsung menaiki Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang sudah terparkir. Sekitar dua menit sebelum waktu berbuka puasa, Jokowi beserta rombongan tinggal landas dari Bandara Ahmad Yani menuju Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Photo booth itu berbentuk karakter Jokowi sedang mengendarai sepeda. Karakter Jokowi dibuat identik dengan yang asli. Gambar Jokowi itu terlihat mengenakan sepatu semi kasual hitam bersol putih, celana panjang hitam, dan kemeja putih lengan panjang yang tergulung hingga siku. Antusias bertemu dengan “kembarannya”, Jokowi pun menghampiri photo booth tersebut. Ia lalu menaiki boncengan yang berada di atas roda belakang dan memeluk pinggang, bak sedang dibonceng “kembarannya”. Cekrek, momen tersebut kemudian diabadikan banyak orang.

Presiden Joko Widodo bertemu “kembarannya” yang sedang menggenjot sepeda di terminal baru Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Kisah ini bermula saat Jokowi datang ke bandara itu untuk meresmikan pengoperasian terminal baru. Usai acara peresmian, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta menteri serta pejabat lainnya meninjau kondisi terminal yang dibangun dengan konsep eco green tersebut. Dari lokasi peresmian yang terletak di pintu masuk terminal, Jokowi dan rombongan berjalan masuk ke dalam terminal. Ia melintasi jalur calon penumpang mulai dari loket check in, security door, hingga ke ruang tunggu sebelum masuk ke pesawat. Setelah melewati loket check in, Jokowi tampak tertarik dengan area photo booth yang berada di salah satu sudut ruangan.

 

 

Bandara Ahmad Yani Baru Bakal Tampung 17 Ribu Pemudik Per Hari | PT Rifan Financindo Berjangka

Manajer Proyek Pengembangan Bandara I Kethut Aryana menambahkan, bandara yang dilakukan ground breaking pada 17 Juni 2014 tersebut mampu menampung 600 parkir kendaraan saat Lebaran 2018. Rencananya, jika sudah rampung, lahan parkir seluas 43.633 meter persegi itu bisa digunakan untuk menampung 1.200 kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Dalam rencana proyek, Bandara Ahmad Yani baru memiliki luas parkir pesawat tiga kali lipat dari luas bandara lama. Bandara itu kini memiliki terminal seluas 58.652 meter persegi dan luas apron mencapai 72.522 meter persegi. Apron baru mampu menampung 10 pesawat narrow body dan 2 pesawat wide body.

Bandara yang sembilan kali lebih luas dari bandara lama tersebut dibangun di atas tanah seluas 58 ribu meter persegi dengan lima paket tahapan. Tahap pertama adalah penyiapan lahan dan jalan akses, paket kedua pembuatan apron dan taxiway 100, dan paket ketiga pembangunan gedung terminal dan peralatan penunjang. Adapun paket keempat adalah bangunan penunjang perkantoran serta paket kelima manajemen pengelolaan air, yang masih dalam tahap pelelangan.

( Baca : Resmikan Terminal Baru Bandara Semarang, Jokowi Kaget )

Dalam kunjungannya belum lama ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menambah rute baru. Bandara baru dinilai lebih layak untuk masyarakat Jawa Tengah.

“Menambah rute sudah pasti ada. Ini ada ibarat bola baru ditaruh sini, mereka datang,” ujarnya.

Titik yang masih dibangun itu adalah pengerjaan paket 4, yang berisi gedung sarana pendukung, seperti perkantoran. Adapun paket 5 adalah manajemen pengelolaan air, yang masih dalam tahapan lelang.

Selama masa Lebaran, bandara tersebut akan dioperasionalkan di dua titik, yakni lantai dasar dan lantai 1. Adapun lantai mezzanine and roof garden serta lantai 3 belum digunakan. Berkaca dari tahun lalu, pada puncak Lebaran 2017, jumlah penumpang di Bandara Ahmad Yani yang lama mencapai 16.700. Operasional soft launching akan dilaksanakan dengan kondisi masih ada beberapa titik yang dibangun.

Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, dioperasionalkan perdana kemarin. Bandara yang dibangun dengan anggaran Rp 2,2 triliun tersebut mampu menampung 7 juta penumpang per tahun. Adapun kapasitas Bandara Ahmad Yani yang lama hanya mencapai 800 ribu penumpang per tahun.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi memperkirakan jumlah penumpang di Bandara Ahmad Yani baru pada Lebaran 2018 mencapai 17 ribu penumpang per hari. Bandara Ahmad Yani rencananya diresmikan atau soft launch oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini, Kamis, 7 Juni 2018.

“Kapasitas bandara baru tersebut mampu menampung 19 ribu penumpang per hari,” kata Faik, akhir pekan lalu.

PT Rifan Financindo Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s