Rifanfinancindo Berjangka

Penerbangan Perdana BIJB Lancar, Antusiasme Penumpang Tinggi

Citilink menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

Rifanfinancindo Berjangka

Di tempat yang sama, Direktur Utama Citilink Juliandra mengaku kaget dengan antusiasme penumpang pada hari pertama Citilink melayani penerbangan di BIJB. Padahal, lanjut dia, Citilink hanya memberikan waktu selama dua minggu untuk pemesanan tiket pesawat.

“Selama dua minggu itu animo penumpang cukup baik. Inilah yang membuat kami yakin untuk mempertahankan dan melanjutkan rute ke Surabaya itu menjadi rute reguler,” kata Juliandra dalam sambutannya.

“Kalau di sini kan kosong terus. Di sana kan padat, kita sesuaikan jadwalnya. Tadi jadwal kosong adanya pagi, makanya pendaratan pertama pagi-pagi,” ucap Virda.

Lebih lanjut, Virda mengatakan PT BIJB menargetkan bisa melayani 14 rute penerbangan. Ia mengaku saat ini beberapa maskapai sudah tengah dalam proses pengajuan untuk beroperasi di BIJB.

“Ada beberapa maskapai yang sudah mengajukan. Rute lainnya sedang dalam proses, rencana di lima kota, yakni Makasar, Medan, Surabaya, Denpasar, dan Balikpapan,” kata Virda.

“Alhamdulillah pendaratan dan penerbangan pertama lancar dan sukses. Antusiasme penumpangnya cukup tinggi, penerbangan pertama penumpangnya mencapai 160 penumpang,” kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra kepada detikFinance usai acara seremonial penerbangan pertama komersial di BIJB, Jumat (8/8/2018).

Virda mengatakan untuk saat ini Citilink hanya melayani rute penerbangan dari BIJB-Surabaya dan Surabaya-BIJB. Penerbangan dari Surabaya, dikatakan Virda, disesuaikan dengan waktu penerbangan yang ada di Bandara Internasional Juanda Juanda.

Bandara Intenasional Jawa Barat (BIJB) yang berada di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka memulai penerbangan komersial pertamanya. Citilink menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan.

Rute penerbangannya hanya menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya dan sebaliknya. Sekitar pukul 06.30 WIB, Jumat (8/6/2018), pesawat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya mendarat di BIJB. Pesawat tersebut membawa 80 penumpang.

Selang satu jam setelah pendaratan pertama, penerbangan pertama tujuan Surabaya pun dilakukan dengan jumlah penumpang sebanyak 160 penumpang. Beroperasinya penerbangan komersial di BIJB itu disambut baik oleh masyarakat.

( Baca : Uang Rp 1.000 Gambar Cut Meutia Langka, ke Mana Ya? )

Ini Tarif Rute Damri ke Bandara Kertajati, Berlaku 8 Juni 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Dedi Taufik menambahkan, ‎hadirnya Damri dari dan ke Kertajati memang sudah seharusnya untuk memudahkan konektivitas. Karena kata Dedi, akan sia-sia jika bandara Kertajati yang sudah dibangun semegah mungkin tidak disinergikan dengan pendukung lainnya.

‎”Bandara kalau enggak ada koneksi percuma. Terminal megah ini harus disinergikan. Damri yang masuk adalah bentuk kolaborasi. Kita selaku regulator akan mempermudah segala-galanya. Mau dari mana kemana kita berikan. Karena koneksi harus jelas,” ujarnya.

Dia berharap, dibukanya rute Kertajati ke berbagai daerah bisa menjadi triger untuk pengusaha bus lainnya. Sebab Bandara Kertajati yang akan melayani sekitar 5,6 juta penumpang ‎per tahunnya akan terus bertambah untuk menunjang kebutuhan konektivitas.

“‎Selanjutnya Cisumdawu tahun 2020 bisa terkoneksi ke sini. Tol Cipali juga sudah tersambung ke Brebes, jadi catch penumpang dari Jawa Tengah juga bisa ke sini,” imbuhnya.

Virda Dimas Ekaputra menambahkan, ‎kehadiran Damri ini menjadi solusi terintegrasinya Bandara Kertajati dengan masyarakat di berbagai daerah Jawa Barat melalui transportasi umum. Dengan adanya layanan tersebut tentu ini akan mempermudah masyarakat.

“‎Dulu suka ada yang nanya aksesnya gimana ke sini. Dulu saya belum bisa jawab. Sekarang saya sudah bisa jawab karena Damri beroperasi di sini. Kalau kami pihak bandara sangat bersyukur, artinya Damri akan bisa mempermudah ke sini dan keluar setelah penerbangan,” katanya.

Menurut Virda, untuk menuju Kertajati, Tol Cipali masih menjadi andalan masyarakat. Tol terpanjang di Indonesia saat ini mengakomodasi masyarakat Bandung Raya, Purwakarta, Subang sampai Bogor dan sekitarnya. Hadirnya Tol Cisumdawu pada 2020 tentu akan semakin mempermudah masyarakat di selatan Jawa Barat menuju Kertajati.

Setia mengatakan Bandara Kertajati dengan predikat bertaraf internasional ‎harus didukung dengan berbagai moda transportasi lainnya untuk menunjang aksebilitas di dalamnya. Sebelum hadirnya kereta, baik konvensional maupun kereta cepat yang sudah masuk dalam rencana pemerintah, Damri berinisiatif untuk melakukan pelayanan pada masyarakat.‎

Peresmian rute bus ini dilakukan dengan acara gunting pita dan pelepasan bus ke empat kota tujuan tersebut dari Terminal Bandara Kertajati, Selasa (5/6). Hadir dalam peresmian tersebut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin, dan Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra.

Setia mengatakan di tahap pertama, Bandung dan Cirebon menjadi pangsa pasar besar‎ menjadi pengguna transportasi udara yang mulai dilayani di penerbangan komersial perdana dari Bandara Kertajati yang dilakukan pada Jumat, 8 Juni 2018.

“Kami Damri di sini hadir untuk support langsung Bandara Kertajati. Karena kita ketahui airport itu sebenarnya tidak seharusnya menjadi titik kemacetan tapi solusi kemacetan agar bisa mengurangi penggunaan pribadi yang saat ini sudah terlalu tinggi,” kata Setia dalam sambutannya.

Dari Cirebon, Damri akan mulai berjalan dari Terminal Harjamukti, melalui Tol Cipali, dengan tarif Rp 40 ribu. Dari Kuningan, keberangkatan Bus Damri dari Terminal Kuningan melalui Tol Ciperna dan Tol Cipali, dengan tarif Rp 50 ribu. Dari Cikarang, keberangkatan melalui Tol Cikampek dan Cipali dengan tarif Rp 60 ribu.

Rute ini akan berlaku mulai 8 Juni 2018 dan waktu pemberangkatan akan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan. Sampai saat ini, penerbangan yang sudah ada adalah menuju Surabaya setiap harinya.

Tarif bus Damri menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka antara Rp 40 ribu sampai Rp 75 ribu. Rute bus pertama yang menjangkau Bandara Kertajati ini akan melayani penumpang dari Bandung, Cirebon, Kuningan, dan Cikarang, menuju Bandara Kertajati, atau sebaliknya.

Untuk melayani penumpang dari Bandung, titik keberangkatan Damri berawal di Pool Damri Kebon Kawung kemudian berjalan melalui Tol Cipularang dan Tol Cipali dan langsung ke Bandara Kertajati. Tarif rute ini adalah Rp 75 ribu.

Dirjen hingga Menteri Irit Bicara soal Rencana Bandara Kertajati untuk Embarkasi Haji | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Kompas.com mencoba mencari hasil rakor terkait antisipasi Bandara Kertajati sebagai Embarkasi Haji Tahun 2018 ke Puan. Namun saat ditanya, ia pun menjawab dengan singkat. “Tanya ke Pak Menag ya,” kata dia sembari tersenyum. Saat diberitahu bahwa Menag juga irit bicara, ia kembali tersenyum. Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah meresmikan Bandara Kertajati, Jawa Barat, pada 24 Mei 2018 lalu. Bandara tersebut disebut-sebut siap untuk digunakan untuk penerbangan haji 2018. Namun, pertanyaan muncul terkait dengan kesiapan dan fasilitas embarkasi haji disekitar bandara di Jawa Barat itu.

Saat ditanya kemungkinan Bandara Kertajati menjadi Embarkasi Haji Tahun 2018, Menag tak memberikan jawaban berbeda. Ia mengatakan bahwa pemerintah masih mendalami hal itu. Hingga ia berjalan dan masuk ke pintu mobil dinasnya, setiap pertanyaan wartawan ia jawab dengan kata-kata yang sama. “Saya enggak bisa berikan informasi mohon maaf karena masih harus didalami. Cukup ya, assalamualaikum,” kata dia sebelum menutup pintu mobil dan meninggalkan wartawan di bawah terik matahari. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso yang ikut dalam rakor tersebut justru bungkam. Tak ada satu kalimat pun yang terlontar dari mulutnya. Setelah keluar dari Kantor Kemenko PMK, ia langsung menuju mobilnya.

Pemerintah menggelar rapat koordinasi setingkat menteri secara tertutup terkait antisipasi Bandara Kertajati sebagai Embarkasi Haji Tahun 2018 di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Senin (6/6/2018). Namun, saat rapat koordinasi berakhir, semua pejabat pemerintah yang hadir dan keluar dari Gedung Kemenko PMK kompak irit bicara kepada media yang sudah menunggu. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak mau mengungkapan pembahasan di rakor yang dipimpin oleh Menko PMK Puan Maharani itu. “Belum ada yang bisa dipublikasikan, kami terus dalami,” ujarnya.

Rifanfinancindo Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s