Rifanfinancindo Berjangka

Arus Balik, Polisi Terapkan One Way di Tol Palimanan ke Jakarta Sore Ini

Polisi berencana menerapkan sistem satu arah atau one way di Tol Palimanan mengarah ke Jakarta sore ini terkait arus balik pemudik | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

 Rifanfinancindo Berjangka

Benjamin menyebut, penerapan rekayasa lalu lintas tersebut tentu dimaksudkan untuk mengantisipasi kemacetan panjang arus balik. Terlebih, warga Jakarta yang mudik semakin bergegas kembali ke Ibu Kota lantaran akan kembali lagi ke rutinitas harian mereka.

“Dari Palimanan sampai Cawang mulai pukul 15.00 WIB,” jelas Benjamin.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Royke Lumowa mengatakan, secara keseluruhan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami masih melakukan rekayasa-rekayasa, karena di rest area sampai sekarang masih ada antrean. Kami berlakukan contraflow setelah sebelumnya kami berlakukan one way untuk Jakarta-Cikampek, mundur sampai Palimanan,” kata dia, Selasa sore 19 Juni 2018.

Polisi berencana menerapkan sistem satu arah atau one way di Tol Palimanan mengarah ke Jakarta sore ini terkait arus balik pemudik. Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benjamin menyampaikan, one way dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB.

“Iya benar,” tutur Benjamin saat dikonfirmasi, Rabu (20/6/2018).

 

One Way Arus Balik di Tol Palimanan-Cawang Diberlakukan Pukul 15.00 | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Kemudian, sekitar pukul 20.40 WIB, Selasa (19/6), one way dari Cikarang Utama ke Jakarta sempat dihentikan. One way dari Cikarang Utama kembali diberlakukan sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (20/6).

Peningkatan arus balik, menurut Royke, sudah terjadi pada Senin (18/6) kemarin. Mengutip data Jasa Marga, tercatat ada 116 ribu kendaraan yang sudah masuk ke Jakarta pada Senin (18/6).

Diprediksi, puncak arus balik akan terbagi pada hari ini dan 24 Juni, berbarengan dengan habisnya masa libur sekolah.

Polri akan kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way pada arus balik ke Jakarta. Sistem one way diberlakukan dari Jalan Tol Palimanan.

“One way arah ke Jakarta melalui tol akan diberlakukan dari Palimanan sampai Cawang mulai pukul 15.00 WIB,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa kepada wartawan, Rabu (20/6/2018).

One way sebelumnya diberlakukan pada Selasa (19/6), dari Jalan Tol Kertasari, Tegal, hingga Cawang, Jakarta. Sistem one way diberlakukan sepanjang 294 km untuk mengurai lonjakan kepadatan arus balik.

 

One Way Diberlakukan di Tol Cipali Hingga GT Cikarang Utama | PT Rifan Financindo Berjangka

“Halim KM 03 Diberlakukan jalur contraflow di lajur kanan, agar tertib di antrian,” demikian informasi pengelola tol Cikampek yang diunggah akun twitter @JasaMarga, pukul 17.00 WIB.

Pemberlakuan sistem satu arah disebabkan karena rekayasa lalu lintas sistem lawan arus di sejumlah titik antara Gerbang Tol Cikarang menuju Cawang tidak efektif.

Kepadatan lalu lintas tidak berkurang, meski contraflow diterapkan. Polisi akhirnya memberlakukan sistem one way. Namun, sistem one way hari ini berbeda dengan sistem satu arah yang dilakukan Selasa (19/6) dini hari.

Ketika itu, polisi memberlakukan sistem satu arah dari tol Cipali hingga Cawang sepanjang 140 KM, mulai dari KM 143 hingga KM 3 Cawang, jakarta Timur.

Sebelum sistem satu arah dilakukan petugas polisi mengalikan seluruh kendaraan yang dari Tol Cawang menuju Cikampek ke Exit Tol Cikarang Barat. Pengendara ke arah Cikampek diimbau melintas ke Jalur Arteri Karawang-Pamanukan.

( Baca : “One Way” Diberlakukan dari Tol Cipali Hingga Cikampek Arah Jakarta )

Pengendara dari arah Jakarta yang hendak menuju Cikampek diimbau untuk berhati-hati karena pemberlakuan sistem contraflow.

Jurnalis Transmedia Reza Ramadhan melaporkan sistem satu arah diberlakukan sejak Rabu (20/6) pukul 16.00 WIB. Belum diketahui sampai kapan sistem one way tersebut diberlakukan.

Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek ‘dibuang’ ke jalur alternatif di luar tol untuk memperlancar sistem one way tersebut.

Polisi dan petugas tol memberlakukan sistem satu arah atau one way ke mulai dari KM 188 tol Cikampek-Palimanan (Cipali) arah Jakarta hingga gerbang tol Cikarang Utama tol Cikampek untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di ruas tol tersebut.

Setelah GT Cikarang Utama hingga Cawang, petugas hanya memberlakukan contraflow.

“Guna mengurangi kepadatan lalin imbas membludaknya pengunjung Rest Area KM 164, KM 130, KM 86, KM 62 dan KM 42, Polri berlakukan Jalur One Way,” tulis TMC Polda Metro Jaya.

Rifanfinancindo Berjangka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s