PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Harga emas batangan naik Rp 2.000 menjadi Rp 587.000 per gram

Harga emas 500 gram tidak tersedia | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Hari ini, harga emas di Jakarta dijual pada kisaran Rp 587.000 hingga Rp 547.600 per gram. Harga tersebut mulai terbesar untuk ukuran terkecil 1 gram dan harga terkecil untuk ukuran terbesar sebesar 500 gram.

Harga emas batangan di unit bisnis pengolahan dan penjualan PT Aneka Tambang Tbk di Pulogadung dibuka naik Rp 2.000 menjadi Rp 587.000 dibanding posisi sebelumnya Rp 585.000 per gram. Dikutip dari laman resmi logammulia, Rabu (11/1).

Berikut harga emas yang dijual di butik Antam Pulogadung:

Harga emas 1 gram Rp 587.000 (tersedia)

Harga emas 5 gram Rp 2.790.000 (tersedia)

Harga emas 50 gram Rp 27.450.000 (tersedia)

Harga emas 100 gram Rp 54.850.000 (tersedia)

Harga emas 250 gram Rp 137.000.000 (tersedia)

Harga emas 500 gram Rp 273.800.000 (tidak tersedia)

Sementara itu, harga penjualan kembali atau buyback price juga naik Rp 2.000 menjadi Rp 509.000 dari posisi sebelumnya di Rp 507.000 per gram.

Harga emas naik terdorong pelemahan ekuitas AS | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB) karena pasar ekuitas Amerika Serikat melemah.

Logam mulia mendapat dukungan karena Dow Jones Industrial Average AS turun 11 poin atau 0,06 persen pada pukul 18.45 GMT.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 0,6 dolar AS atau 0,05 persen menjadi menetap di 1.185,50 dolar AS per ounce.

Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik karena investor mencari tempat yang aman, sementara ketika ekuitas Amerika Serikat (AS) membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun.

Emas dan dolar AS biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Namun demikian, emas dicegah naik lebih lanjut karena indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap sekeranjang mata uang utama, naik 0,18 persen menjadi 102,02 pada pukul 18.55 GMT.

Logam mulia diletakkan di bawah tekanan ketika survei lowongan kerja dan perputaran tenaga kerja yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Selasa menunjukkan lowongan pekerjaan meningkat menjadi 5,522 juta pada November, naik dari 5,451 juta pada Oktober.

Investor percaya The Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,75 ke 1,00 selama pertemuan FOMC Maret.

Para analis telah menggambarkan laporan ini sebagai solid, yang mengisyaratkan sektor ketenagakerjaan kuat, sesuatu yang The Federal Reserve AS pertimbangkan ketika menaikkan suku bunga acuannya.

Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga dari 0,75 menjadi setidaknya 1,00 adalah sebesar 2,0 persen pada pertemuan Februari dan 24 persen pada pertemuan Maret.

Perak untuk pengiriman Maret naik 16,5 sen, atau 0,99 persen, menjadi ditutup pada 16,848 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 0,2 dolar AS, atau 0,02 persen, menjadi ditutup pada 982,80 dolar AS per ounce. (UU.A026)

Prospek jangka panjang untuk emas masih lemah karena para analis percaya ekonomi Amerika Serikat tetap relatif kuat.

Investor sedang menunggu laporan-laporan ekonomi, dengan klaim mingguan pengangguran pada Kamis (12/), serta indeks harga produsen, penjualan ritel, dan laporan sentimen konsumen pada Jumat (13/1).

Antam Gandeng 109 Kantor Pos Perluas Penjualan Emas | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Direktur Utama Antam Teddy Badrujaman mengatakan Pos Indonesia akan menjadi mitra penyedia fasilitas penjualan, pembayaran, dan distribusi produk logam mulia (LM) milik Antam. Hal tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara emiten berkode saham ANTM itu dengan Pos Indonesia, yang ditandatangani oleh Direktur Marketing ANTAM Hari Widjajanto dan Direktur Ritel dan Sumberdaya Pos Indonesia Ira Puspa Dewi hari ini, Rabu, 11 Januari 2017.

Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan PT Antam (Persero) Tbk menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) untuk meningkatkan kinerja perseroan, khususnya komoditas emas.

“Penandatanganan PKS ini merupakan komitmen Antam dalam rangka peningkatan kinerja perseroan khususnya komoditas emas. Kami optimis sinergi ini akan memberikan manfaat yang maksimal baik untuk Antam maupun Pos Indonesia,” kata Teddy Badrujaman dalam pesan tertulisnya, Rabu, 11 Januari 2017.

Pelanggan dapat memesan emas LM mulai 0,5 gram sampai dengan 50 gram pada awal Februari 2017. Untuk memberikan nilai tambah produk emas LM, berbagai inovasi dilakukan Antam, antara lain dengan meluncurkan emas batangan bermotif batik, jasa depositori emas LM, dan produk perhiasan berupa kalung dan bezel untuk produk emas batik.

Ada 109 Kantor Pos yang direncanakan akan menyediakan emas Antam, selain 13 butik emas yang sudah dimiliki oleh Antam melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Emas Logam Mulia (UBPP LM). Kantor pos yang tersebar di Pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur ini merupakan tahap awal dari perjanjian kerja sama ANTAM dan Pos Indonesia.

“Mekanisme pembelian emas LM melalui Kantorpos menggunakan sistem pemesanan. Selanjutnya Antam akan menggunakan layanan Pos Indonesia untuk mengirimkan emas LM dari kantor UBPP LM di Jakarta menuju lokasi Kantorpos tempat pembelian,” tutur Teddy.

Direktur Ritel dan Sumberdaya Pos Indonesia Ira Puspadewi menambahkan bahwa pihaknya menyambut baik sinergi dengan ANTAM sebagaimana dituangkan dalam perjanjian kerja sama.

Terkait sinergi kedua BUMN ini, Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono mengatakan kerjasama ini merupakan wujud nyata sinergi BUMN sebagaimana arahan Presiden dan Menteri BUMN RI. Gilarsi berharap melalui sinergi ini, keduanya akan tumbuh dan memberikan nilai manfaat lebih untuk masyarakat dan negara. “Bentuk sinergitasnya adalah kerja sama saling memanfaatkan kompetensi masing-masing BUMN sebagai upaya meningkatkan kinerja dan pendapatan kedua BUMN,”kata dia.

Menurut dia, kerjasama ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli logam mulia, karena dapat langsung melalui Kantorpos yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meski saat ini baru terbatas di 109 Kantor Pos, Ira berharap, ke depannya ANTAM dapat memanfaatkan 4.569 cabang Kantorpos di seluruh Indonesia. “Pos Indonesia memiliki jaringan distribusi terbesar, handal dan terluas di Indonesia, dedicated track and trace dan harga yang kompetitif,” ujarnya.

Rifanfinancindo

Leave a comment