PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Menteri Rini: Aset BUMN Mencapai Rp 6.325 Triliun

Modal ini untuk belanja infrastruktur energi dan konektivitas | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan bahwa pertumbuhan bisnis perusahaan milik negara (BUMN) cukup baik pada 2016. Pada 2016, belanja modal BUMN mencapai Rp 298 triliun atau tumbuh 35 persen dibandingkan 2015. Modal ini lebih fokus untuk belanja infrastruktur energi dan konektivitas.

‎Rini menyampaikan, dari perusahaan 118 BUMN dan 25 anak perusahaan eks Bumn dengan jumlah karyawan lebih dari satu juta orang, Kementerian BUMN uga masih memiliki tagihan kepada negara yang relatif besar dimana pada 2016 mencapai Rp 66 triliun.

“Dengan demikian aset BUMN mengalami pertumbuhan 10 persen hingga mencapai Rp 6.325 triliun. Sedangkan ekuitas yang mencerminkan nilai investasi permanen pemerintah tumbuh 20 persen hingga mencapai Rp 2.234 triliun,” kata Rini dalam Executive Leadership Program (ELP) di Istana Presiden, Rabu (25/1).

Sementara, pembangunan LRT Palembang dan Jabodebek telah dimulai dan diharapkan terus diselesaikan pada 2018 dan 2019 Penundaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah teratasi dan saat ini mulai pembangunan awal untuk lima kilometer pertama. Diharapkan terselesaikan pada akhir 2019.

“Dalam mendukung konektivitas darat sudah BUMN sudah memulai membangun penambahan jalan tol sepanjang 1.260 kilometer, sehingga pada akhir tahun 2019 BUMN telah dapat mengoperasikan lebih dari 2.‎000 kilometer,” ucap Rini.‎ Dengan program pemerintah satu juta rumah, BUMN mendukung program ini dengan memberikan pembiayaan sebanyak 668 ribu unit rumah, dan pada 2018 ditargetkan akan membiayai lebih dari satu juta unit rumah‎.

Di sisi lain, BUMN juga setelah melakukan ekspansi usaha hingga ke mancanegara dengan membuka kantor yang menjual produk berupa vaksin pelumas gerbong kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. BUMN selama ini pun turut mendukung konektivitas maritim nusantara dengan penambahan pelabuhan penyeberangan, rute pelayaran, jumlah kapal dan juga mengembangkan 24 pelabuhan strategis di mana sembilan berlokasi di Indonesia bagian Timur.

Dalam konteks konektivitas udara BUMN telah mampu meningkatkan pelayanan bandara untuk 145 juta penumpang dan Garuda grup telah mengangkut 40 juta penumpang. Melalui angkutan publik kereta api terbang mengangkut 352 juta penumpang. PT Pelni telah mengangkut empat setengah juta penumpang dan ASDP telah menyeberangkan 6,6 juta penumpang.

Jokowi ke Bos-bos BUMN: Harus Berani Investasi | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar berani dalam berinvestasi. Pada 2016, investasi BUMN sebesar Rp 285 triliun, 2017 sebesar Rp 450 triliun dan 2018 diproyeksikan bisa mencapai Rp 700 triliun.

Berani berinvestasi, menurut Jokowi BUMN juga harus dapat mengantisipasi segala risiko yang ada. Artinya perencanaan yang ditempuh oleh BUMN harus matang.

“BUMN ini harus berani. Berani apa? Kalo saya, meningkatkan target investasi,” kata Jokowi dalam pertemuan dengan BUMN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

“Yang paling penting bagaimana kita mengantisipasi perubahan-perubahan tadi perubahan-perubahan yang sangat cepat ini dengan cara-cara yang tidak linier. Dengan cara-cara yang tidak rutinitas. dengan cara-cara tidak monoton, apalagi senang dengan zona nyaman, ya sudah habis ya kalau kita masih seperti itu apa gitu,” paparnya.

“Kalau yang namanya transformasi menuju dunia digital, itu harus. Kirim semua BUMN, kalau enggak ngikutin ini, habis sudah,” ujar Jokowi.

Agar perencanaan bisa matang, maka BUMN harus dapat mengikuti perkembangan yang ada. Misalnya dari sisi teknologi an kebutuhan konsumen.

Jokowi Minta Direksi BUMN Hati-hati | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Kepala Negara mengatakan, pada era keterbukaan informasi seperti saat ini kesalahan yang dilakukan masih bisa terlacak dalam 5–10 tahun mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh direksi maupun bawahannya untuk berhati-hati dalam bertindak agar tidak tersandung permasalahan hukum.Seketika, gambar di layar proyektor langsung memuat foto mesin dan pesawat maskapai milik PT Garuda Indonesia. Beberapa hari lalu, KPK menetapkan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar sebagai tersangka dugaan suap pembelian mesin pesawat dari Rolls Royce Inggris‎

“Kalau sudah seperti itu jangan datang ke saya. Tidak mau nama saya dipakai,” ujarnya.

Kendati demikian, kondisi tersebut hendaknya jangan membuat direksi BUMN untuk takut maupun ragu dalam mengambil keputusan.

“Kejadiannya pada 2012, tetapi baru ketemu [kesalahannya] sekarang. Saya tidak ngomong, tetapi gambarnya ada,”‎ kata Jokowi saat membuka acara peresmian pelatihan Executive Leadership Program bagi direksi BUMN di Istana Negara, Rabu (25/1/2017).

PT Rifan Financindo

Leave a comment